victims

Sunday, March 8, 2015

1,5

gw sebenernya hampir ga pernah berencana.
selain karena belum berkeluarga, hidup gw terlalu penuh kejat-kejut diberbagai aspek.
salah satunya kehadiran gw di Jogja dan kebelum-lulusan gw ini.
untuk hal yang terakhir kejutnya lahir dari rumah sih dimana mereka khawatir anaknya yang tak kunjung mengirim undangan wisuda ini.

saudara dan kerabat yang seumuran atau bahkan lebih muda, udah update linkedin dengan pekerjaan mereka yang baru sebagai pegawai dientah mana itu. beberapa sudah menikah. sedikit dari mereka yang kuliah lagi atau belum lulus laiknya penulis post ini.

sebenernya gw pun khawatir dengan kebelumlulusan gw kok tenang aja wahai sosayeti.
gw terlambat 1,5 tahun atau kira-kira 18 bulan dari kelulusan yang biasa terjadi kepada angkatan 2009. namun gw optimis gw mengganti 18 bulan dalam hidup gw dengan hal-hal yang membangun kemampuan dan mental untuk menjadi manusia yang mumpuni nantinya.
1,5 tahun memanglah terlihat lama namun menurut gw sebanding dengan apa yang gw perbuat dan terima. sehingga dalam kekesalan gw ketika dibanding-bandingkan dengan anak tetangga yang lulus 3,5 tahun gw dalam hati kadang pengen banget duduk di meja yang sama dengan mereka dan kita ngobrol, apa yang udah mereka kuasai, punya cerita menarik apa dan udah bikin apa aja sih. namun gw takut. takut gw yang kalah :)))

oke, ketika 1,5 tahun yang gw "sia-siakan" ini ternyata kalah isinya sama yang lulusnya cepet mungkin paling ngga, gw bisa cerita banyak ke anak-cucu gw nanti tentang 1,5 tahun hidup gw yang sia-sia itu.
atau sekedar cerita ketika ketemu anak-anak sepupu gw.
atau bisa jadi bahan cerita ketika ada yang ajak ngobrol di kereta atau pesawat.

***

beberapa orang mungkin berpendapat bahwa
"ya mending lulus cepet, terus baru deh dapetin pengalaman 1.5 tahun mu itu setelah lulus"

sebenernya ini ga salah.
namun.
sayangnya.
pasca lulus dalam benak gw adalah sebuah strata kehidupan selanjutnya yang memiliki kewajiban baru dan tuntutan yang baru.ini ada di benak gw aja, karena gw belum lulus :p
itu apa yang gw lihat yang ada di sosayeti sih. mungkin aja salah.

untuk saat ini gw masih dalam usaha mengerjakan dan menyusun skripsi yang terus merengek minta diselesaikan dan semoga sebelum bulan ramadhan, hal ini sudah selesai sehingga tiba di kampung halaman dengan status "menunggu jadwal pendadaran"
cuma bisa amen.

No comments: