victims

Wednesday, April 6, 2011

otakku di siram cuka




Ujian Tengah Semester Kelas Penulisan Naskah Iklan B

Latar Belakang:
Dinas Pariwisata DI Yogyakarta merencanakan untuk membuat kampanye pariwisata propinsi DI Yogyakarta. Kampanye ini direncanakan untuk mulai aktif diberlakukan pada awal tahun 2012, sebagai usaha kedua yang dilakukan Dinas Pariwisata setelah kampanye ‘Never Ending Asia’ yang gagal pada pelaksanaannya di tahun 2002.
Tema yang ingin diangkat oleh Dinas Pariwisata adalah ‘kehangatan’ dan ‘pluralitas budaya’. Tema tersebut masih merupakan bagian dari kampanye pariwisata Indonesia yang mengusung tagline ‘Wonderful Indonesia’.
Brief:
Anda mewakili agency yang dihubungi oleh Dinas Pariwisata DIY untuk membuat rencana kampanye komunikasi pemasaran pariwisata DIY tersebut. Tugas anda adalah memikirkan satu tema besar yang dapat menjadi basis ide dari kampanye pemasaran tersebut.
Requirement:
Tugas anda adalah:
1. Mentukan positioning yang DI Yogyakarta sebagai tujuan wisata. Lakukan analisis strategis berbasis riset yang cukup mengenai latar belakang industri, pasar dan audience/konsumen sebagai dasar anda menentukan positioning tersebut.
2. Berangkat dari positioning tersebut, rumuskan sebuah proposisi ide yang terdefinisikan ke dalam satu tagline kampanye. Ingat bahwa ide yang baik akan dapat diterjemahkan ke dalam seluruh media
3. Menjelaskan ide anda ke dalam creative rationale
Mandatory:
Kampanye pariwisata DI Yogyakarta ini masih merupakan bagian dari kampanye besar Tourism Branding Indonesia, ‘Wonderful Indonesia’. Oleh karena itu, kampanye yang anda bangun tidak boleh bertentangan atau keluar dari kampanye tersebut.
Tone and manner:
‘Kehangatan’ dan ‘Pluralitas budaya’ merupakan ‘feel’ yang harus anda sampaikan ke dalam kampanye. official tapi tidak kaku. Menunjukkan kepribadian Indonesia, khususnya DI Yogyakarta.
Singkatnya, anda diminta untuk menyusun Creative Brief.
Point utama adalah pada ‘Ide’ yang memiliki landasan rasional kreatif yang kuat.
Tugas ini dikumpulkan SESUAI JADWAL UJIAN.
Have fun and good luck!


besok pagi harus selesai 

mohon doanya  !!!

1 comment:

u k e said...

der, kalu ide mu dapet nilai A dan mau dipakai dinas pariwisata jogja, siap2 bikin harga :D