victims

Tuesday, August 17, 2010

I n d o n e s i a k u I n d o n e s i a m u

pada penasaran gak sih ? 65 tahun yang lalu jam sekarang ini, di rumahnya laksamana maeda, obrolan apa sih yang membuat mereka gak ngantuk semalelam gak tidur buat ngarang proklamasi.
joke-joke apa ya yang oke jaman itu untuk mengisi waktu ?
and btw, yang jadi bahan ceng-cengan waktu itu siapa ya ? hahaha


seru juga kan dalam kondisi berbahaya gitu, sambil seru-serunya ngarang proklamasi buat paginya, subuhnya ngopi-ngopi sambil makan pisang goreng main plesetan ato ngga adu pantun antara kaum muda dan tua.


coba kita baca buku sejarah, pasti ga ada dialog yang di sebutin pas soekarno cs lagi ngejar deadline proklamasi. padahal untuk meneliti aspek budaya dan sosial pada saat itu, dialog sangat penting. apa ada perbedaan saat kamu muda memanggil kaum tua selain panggilan "bung" ?
apa manggilnya nama ? julukan pas kuliah ?
dan sekarang gw tambah penasaran
apa dulu kalo ngobrol pake bahasa baku semua ya ?
agak ngeri juga dengernya.
serasa baca cerpen di buku belajar bahasa Indonesia kelas 5 semester ganjil sekolah dasar.


###


tau gak kalo perumusan proklamasi tadinya itu mau di adain di hotel des indes, atau sekarang grand Indonesia ( ya ? hehe ragu) terus ga jadi soalnya rame tentara jepang. jadi di adain di rumah maeda yang aman.
coba bayangin kalo ternyata jadi di adain di hotel des indes. itu berarti soekarno harus traktir banyak orang di situ. abis makan, kekenyangan (karena gratis makan banyak), terus ngantuk, tidur. ga jadi deh tuh proklamasi. untung jadinya dirumah maeda. disitu banyak nyamuk, pasti susah tidur, ngantuk aja susah.


tau gak kalo bendera merah putih yang di jait sama bu fatmawati itu berasal dari sprei (putihnya) dan kainnya tukang bakso (merah). pasti si tukang bakso berharap namanya disebut di buku-buku sejarah, ya minimal nyelip di pidato soekarno sebelum proklamasi atau nanti di ending proklamasi atau special thanks for tukang bakso. itung-itung proklamasi. terus si bakso ganti nama jadi bakso proklamasi, dan menjadi bakso yang mempunyai nilai sejarah. sehingga kalo ,mau perang biar lebih nasionalisme harus makan bakso proklamasi. dan ga kebayang kalo dia keliling komplek. bukannya mukul-mukul piring tapi bacain teks proklamasi. sangat nasionalis.


###


Indonesia udah 65 tahun umurnya ternyata. dan gw udah merasakan 18 tahun kemerdekaannya. sriwijaya aja kerajaan sekuat itu bisa hancur. tau sendiri lah indonesia gimana keadaannya. jadi  kalo indonesia ga mau berubah, maka tinggal menunggu waktu kehancurannya. ngeri .hancur-utuhnya negara ini bergantung pada individunya.
dan terutama aparat negara.
dan lebih terutama yang agak gw kurang suka adalah pegawai negeri sipil di bidang pendidikan (bukan guru). ya tau kan yang pegawai-pegawai itu.
gw kurang suka karena ya emang mereka agak sok tau kalo buat-buat acara dan gw sering mengalaminya dan gw males ngebahasnya. makanya sampe gw ga pernah percaya sama mereka kalo buat-buat acara. acara apapun. mau ospek, mau hari pendidikan, dan acara lainnya yang emang make tenaga mereka.


###


omong-omong tentang PNS. gw waktu itu nonton john pantau. disitu diliput banyak banget pns yang mangkir dari kerjanya, padahal masih jam kerja dan peraturannya PNS itu ga boleh keluar. gw tau kok pasti mumet banget di dalem kantor situ. tapi negara kan udah memilih mereka setelah di seleksi. 


di gaji tetap sebulan sekali. mau masuk ga masuk yaa segitu gajinya. mungkin karena mereka orang Indonesia, yaa karena gaji gw tetep ya mending ga udah masuk kan, ga rugi. padahal mereka udah di kasih amanah, tapi di abaikan.


PNS adalah tulang punggung dari birokrasi negara ini. semuanya mereka yang melayani. dan tanpa komandan di lapangan. hanya bermodal kepercayaan dari negara.
jadi orang mau buat usaha pasti dilempar-lempar kalo duitnya dikit. atau mau buat passport.
 ini gw alamin sendiri. banyak orang yang belom disebut nomernya tapi udah ada di dalem bareng gw yang ngantri dari siang. terus pas didalem ruangannya, yang moto rebutan. udah ketauan banget bagi-bagi kerjaan plus bagi-bagi untung.


kemerdekaan udah disalah artikan.
hal ini sebenernya dirasain sama orang di afrika selatan sana.
dulu orang kulit hitam berjuang biar bisa hidup layak, layaknya orang kulit putih, dan setelah perjuangan berhasil, dan kulit hitam bisa diterima. pemuda-pemuda yang ada bukannya melanjutkan perjuangan berupa edukasi tapi malah negak ekstasi. piye jal.


tapi dari kebobrokan yang ada, kita harus terima karena ini tanah tumpah darah kita. kalo kita pesimis terus, pasti yang ada curiga terus dan antar kelompok akan saling berprasangka buruk.
maka dengan bangga gw mengucapkan tagline kemerdekaan tahun ini. dan gw salut sama orang yang buat ini. mereka adalah orang di balik indonesiaunite dan gerakan indonesia bertindak. ya mereka ga kenal gw dan gw ga kenal mereka, tapi ga ada salahnya kita mensukseskannya. sabodo teuing lah sama politik yang mainan duit. sudah saatnya kita mainnya hati dan pikiran.


dan mereka butuh kita untuk menepis semua kepesimisan yang menghambat tumbuhnya cita-cita dan harapan






********************

maaf kalo grammarnya kacau, ngantuk aye  -___-

2 comments:

azizah laurensia said...

quote yang paling gw suka dari (alm)abimanyu nya indonesia unite: kita lahir, tumbuh berkembang dan mungkin mati di Indonesia. lalu kenapa tidak kita lakukan sesuatu untuk bangsa ini?
.ijah.

emesge said...

CIEH, MUACH DECH ACH. KEREN KEREN.