victims

Tuesday, August 10, 2010

tele tele telek visi

rebutan remot tv di rumah adalah kebiasaan gw sebelum hijrah ke jogja. ga cuman gw, pasti semua pemuda di negeri ini pernah mengalaminya. gw sering sekali frustasi dengan keadaan seperti itu.uniknya kalo dulu gw rebutan karena gw pengen nonton acara hiburan macam kartun atau film anak-anak lainnya dan orang tua pengen nonton ceramah aa gym atau berita, sekarang gw rebutan karena gw pengen nonton berita atau bola atau hal yang lebih berguna lainnya dan nyokap pengen nonton reality show yang nyari-nyari orang atau nonton artis jebolah T*FU hipnotis orang dijalan. dan endingnya selalu ketebak. mau ga mau ujung-ujungnya ngalah dan ikutan nonton. sulit memang menyadarkan orang yang sudah tidak bisa membedakan kehidupan nyata dan kehidupan fiktif. 


 post gw kali ini ada hubungannya dengan kuliah gw dan kehidupan rumah gw yang tadi udah dibeberkan. ya maaf deh klo liburan-liburan gini malah dijejelin materi kuliah. hehe


di teori komunikasi kita mengenal teori-teori media massa seperti peluru ajaib, jarum epidermik, teori ketergantungan, kegunaan dan gratifikasi dan lain-lain. teori-teori tersebut adalah hal yang paling sering terjadi di ruang keluarga. gak jarang nyokap dan adek gw(dia cewe) nonton TV barengan sampingan dan tiba-tiba mellow barengan ketika ternyata orang yang dicari-cari berhari-hari naik mobil kijang kapsul udah nikah lagi, atau udah sakit struk paling parah udah meninggal. 


entah karna udah keranjingan atau kayaknya butuh banget hiburan, udah ratusan episode lewat dan udah beberapa kali ganti host, mereka tetep aja betah nonton. kadang dibela-belain nyokap nyetrika depan TV dan adek gw ngerjain PR disebelah nyokap, tentunya gak belajar. ya nonton.


lalu sebenernya,apa sih yang kita dapet dari TV ? di Indonesia cuman ada kira-kira 15 stasiun TV yang beroprasi tanpa semut (gak kresek-kresek) acara yang paling umum adalah berita pagi, siang , sore, malem plus infotainment pagi, siang, sore terus kadang ada sinema elektronik nyelip-nyelip pas siang, sore dan malam. terus ? anak kita mau nonton apa ? kok buat pembantu sama ibu majikan doang program acaranya ? okelah kalo bokap lebih suka baca koran atau majalah tempo. si anak gimana ?
lalu tiba-tiba dengan cerdasnya ada stasiun TV yang bikin idol-idolan anak kecil dengan segala atribut manusia dewasa. 
jadi jangan bingung klas 4 sd udah merengek minta beliin gel gatsby atau axe. siapa suruh dibeliin TV.
dengan ini dapet disimpulkan dari TV hanya sedikit yang kita dapatkan, dan akan makin menipis kalo ada maho masih akan jadi host kuis legendaris idaman gw saat masih muda. dan gw yakin ga seorangpun angkatan lahiran 1989. 1990. 1991 mungkin 1992 rela kalo kuis itu dinodai oleh host yang.... lagi makan gw jgn diomongin..  
you know lah.. 


lalu sekarang guna TV apa ?
TV kegunaannnya ga jauh dari media nayangin film Indonesia yang gak laku di bioskop. berita-beritanya ? udah second touch ! kita ga tau mana yang bisa dipercaya mana yang ngga. berita-berita pun isinya cuman pejabat nampang, bicara sepatah dua patah kata yang udah di tulisin sama sekertarisnya biar tetep terlihat oke di layar kaca. kehabisan berita ? oh tentu ga pernah, banyak hal yang dapat dijadikan penting. orang lipsing aja bisa jadi berita penting. apa lagi ? ariel-lunamaya-cuttari ? mereka yang dosa kok kita yang heboh. toh mereka "berbuat" ga nyusahin orang lain.


jadi, mau dipaksain gimana pun TV ga ada gunanya kalo kita ga langganan dari luar. bayar lagi dong ? yaaa konsekwensi dapet gratis kan udah dipaparin tuh, masih mau gratis ? bayar dikit ajaa perbulan udah bisa membuat anak kita melek dunia.
daripada di jejelin sinetron yang ternyata optimis ngalahin disney, pixar dan marvel (ada uler, naga, merpati, segala harimau bisa berubah jadi manusia dan sebaliknya dan hidup bersama di mix dengan cerita legenda lokal yang diadaptasikan dengan masa kini, contoh cinderella nonton TV lalu tiba-tiba ada merpati ditunggangi pangeran tampan berjas dan  sebagainya dansebagainya....)


kita harus bagaimana ?
lebih baik uang listrik bulanan untuk TV dialokasikan untuk internet. sekarang internet udah saingan sama buku. karena udah sama-sama jendela dunia.
mau pengetahuan apa di internet juga udah ada. tapi daripada mata rusak gara-gara kelamaan di depan monitor, mending baca buku deh hahaha. denger radio juga seru. mau nonton TV ? emang mau nonton apa ? reality show ?
gak sadar apa kalo tokoh disitu orangnya itu-itu aja di semua reality show yang ada di indonesia. tempat syuting juga ga jauh2 amat kayak yang dibayangin. orangnya diseleksi dan dibayar semua. dan kalian ikut membayarnya dengan menontonnya. 


penonton itu rating, rating itu merangsang iklan, iklan itu mbayar. mbayare pake duit. duit buat produksi acara. 


jadi kalo mau membersihkan negeri ini, stop nonton TV ! (alaah sirik aja lu der gapunya TV).


-i miss you jeffry wawaruntu, nico siahaan, sony tulung-



No comments: