victims

Wednesday, August 4, 2010

santai kayak di pantay, galaw kayak di pulaw

pepatah di atas mungkin adalah cikal-bakal dari gurindam 12 yang telah tertimbun lama. dan kini gw populerkan kembali. mantap.


sekarang serius


kini gw akan mengulas tuntas habis byarrr  judul yang tertera setelah koma. galaw kayak di pulaw.


galaw atau sekarang lebih populer dengan sebutan galau, menurut KBBIUVP (Kamus Besar Bahasa Indonesia Unduhan Versi Pdf) tertulis demikian 


galau a, bergalau v sibuk beramai-ramai; sangat ramai; berkacau(tidak keruan). 


mungkin agak aneh kalo di aplikasikan dengan yang terjadi di masyarakat.emang sih pikiran kita tidak keruan tapi jarang juga orang galau ngajak-ngajak. tapi kamus ini bertanda tangan menteri pendidikan. apa pak mentri ga pernah galau ? ga mungkiiiin.
presiden kita yang bentuknya sehat gitu pasti pernah galau sampe-sampe ngeluarin album solo untuk menampung kegalauan di dengkulnya. 


jadi, arti galau itu apa ?


menurut Kamus Indonesia - Inggris, by Cornell University, galau bahasa Inggrisnya : hubbub, confusion. yaa.. paling ngga lebih dapat di pahami kalo di inggrisin gini. daripada kamusnya pake mentri.


mengutip dari majalah Provoke! yang suka jadi rebutan kala gw SMA,  "wilayah" galau di otak manusia menempati posisi terbesar pertama sebelum wilayah malas dan bokep.
jadi bila anak-anak kita nanti dapet nilai jelek, janganlah menuduh ia sebagai pemalas, teriaklah "dasar penggalau !"
kenapa ?
ehm, cek cek. oke. terkadang galau dapat menyebabkan bengong berkepanjangan dan membuat anak lupa belajar dan sepanjang malam hanya mendengar lagu-lagu yang membuat pikirannya ugal-ugalau. ini berbahaya bila terjadi kepada anak di bawah umur yang sudah diperkenalkan galau oleh mainan tradisional, galau asin.


tapi, untuk anak muda yang senang berkarya, galau adalah kebutuhan walau kadang mengganggu. lagi jalan kaki di tengah gerimis, di payungi lampu di pinggir-pinggir GSP (Grha Sabha Pramana), gimana tiba-tiba ga kesetanan si galau. kadang ada aja yang dipikirin. dari mau pengen beli pembersih lantai sampe pembersih dosa, dari mikir gebetan sampe pengen makan burjo ketan.


dalam meneliti kegalauan ini, gw mengamati status-status fesbuk khalayak muda Indonesia. dari pengamatan sesaat, status-status galau biasanya datang mulai dari pukul 20.00 malam sampai pukul 01.00 pagi. ada apa dengan waktu-waktu tersebut ? atau emmang malam hari adalah waktu favorit untuk galau ? mungkin.
jenis-jenis status yang muncul biasanya dari lirik lagu atau terkadang bercerita kenangan dengan teman bahkan celaan kepada pacar yang tak bersalah.


namun yang muncul sejak agustus muncul di kalender, jenis status yang muncul kebanyakan adalah kegalauan dari calon mahasiswa yang akan meninggalkan kampung kelahiran menuju kota yang akan disinggahi demi ijazah dan uang laundry. hal ini sebenarnya pernah gw lakukan juga pas mau menuju Jogja, hampir semua orang gw sms. gw gatau nama latin dari galau karena pindah domisili, tapi memang menyedihkan plus deg-degan. karena gw gatau wajah Jogja itu gimana. tuh kan galau deh gw.


intinya semua ada di duta-erros sheila on 7 sama tasya si anak gembala


jangan takut akan galau, karna galau melindungi diri kitaa dari kelelahan 

No comments: