victims

Sunday, August 8, 2010

dulginsekargit -pre project-

dulginsekargit adalah proyek kecyil-kecyilan saya dan stefan harmayu toghas yang sama-sama mempunyai jiwa yang kukuh dan pendirian teguh dengan pikiran agak rusuh dan keadaan ekonomi yang lusuh dan senang mengamati dunia sosial yang membunuh.

dulginsekargit adalah kependekan dari dulu gini sekarang gitu. ya, ini adalah proyek yang mengulas memori-memori kita yang sudah disarangi laba-laba, namun tetap segar bila kita di munculkan kembali dalam periode abu-abu mengkilap sekarang ini, serta menonjolkan perbedaan yang ada hubungannya dengan pergeseran nilai sosial didalamnya yang ikut anjlok seiring naiknya kemampuan teknologi yang beredar (serius amat bro). namun uniknya kami akan mengemasnya dengan hanya sebuah dialog pendek yang maknanya kental dan mengena (baca : jlebjlebjleb)
namun dipreproject ini yang ada hanya fitur aja, jadi klo males gausah dibaca, puanjangg

untuk post pertama preproject kitah yang berlabel dulginsekargit ini, kami sepakat untuk membahas (tekdess..) miuzik. namun lebih mengulas tentang medianya..

cekicroot


available on cd and... cass.. ehm just cd. and of course you can download it. FREE



oke, cari 10 toko kaset di kota ini. kalo ada gw traktir delight (semoga ga ada beneran). dulu gw dimasa puber gw, kalo pergi ke mol atau ketempat-ketempat gaul dijakartah pasti selalu menyeret pelan-pelan sang ayah ke tempat yang ada jual kaset , soalnya CD muahal bos, 75 rebuu. kaset aja dibeliin udah sujud sukur di tengah PIM. harga kaset pada zaman itu kira-kira 20ribu sampai 25ribu. biasanya abis dibayar, kasetnya bakal dibungkus pake kertas burem terus dipelastikin. go green bukaaan !? (tetep plastiknya engga). 

kaset sangat berperan besar dalam kemunculan musisi-musisi handal zaman gw puber dulu itu. sebut saja SO7, PADI, COKLAT, DEWA 19, AB THREE, THE GROOVE, WARNA, PROJECT POP, P-PROJECT, CHRISYE, WAYANG, BASE JAM,  POTRET, SHADEN, TRIO LIBELS atau kalo masih inget ME, JAMRUD, sama IWA K. mereka berkembang bukan karena acara musik televisi yang ditayangkan dipagi hari dengan mc lebih dari dua selebritis yang dimana salah satunya berkepribadian ganda, dan juga mereka tidak berkembang bukan karena jadi artis jebolan makanan cepat saji. mereka hanya butuh MTV Land dan MTV Ampuh namun disamping itu, semua mutlak karena kaset. penjualan kaset menjadi ukuran dari bagus-tidaknya seorang musisi bukan dari 30 detik reffrain lagu yang terdengar saat menghubungi kerabat.

musisi zaman gw puber dulu, lagu-lagunya lebih banyak yang terkenal dari sekarang. itu fakta yang absolut dari keunggulan kaset. dengan kaset, mau gak mau, seburuk-buruknya lagu pasti didengarkan. dan karena hal tersebut, musisi pun pasti akan mengemas sebuah album dengan menarik, karena semua lagunya mau gak mau pasti didengar.kenapa ? dengan kaset, lagu ga bisa di pilih tracknya kayak pake cd atau di winamp. 10-12 lagi dari side A dan B harus didengar. emang shh bisa di forward atau reverse. tapi kan lama juga, orang keburu males. jadi mendingan denger aja semua.

kaset anti virus dan sidik jari, haha ini pasti, kaset mau dipegang 5 jari disegala sisi ato mau di gesek-gesek di aspal juga masih awet suara lengkingnya glenn. kalo cd ? ngeliat pantat cd nya aja udah illfeel. atau kasus lain, kalo mau ngopi lagu dari laptop temen, dan pake flashdisk. pas dicolokin, tilut tilut tiluuuuuuut byar, pirus pirus ganas nyemilin satu-satu  lagu-lagu oke kita, foto hot sang pacar atau ada tugas-tugas terkom yang harus di print besok , atau paling parahnya bergiga-giga bokep langka yang IGO semua, hancur harimu nak.


kaset sudah pernah mewarnai hidup musik indonesia lebih dari seabad, toko-toko kaset sangat bergantung pada benda kotak dengan dua lobang ini, namun sudah ratusan ribu toko yang ganti haluan jadi toko parfum atau warnet bahkan jasa sunat laserrrr... . jadi teknologi sebenarnya secara lagnsung sudah membuat dunia permusikan indonesia langsung anjlok, gak pake menurun dulu, langsung jlok !!!.

sekarang apa-apa tinggal buat single. ga usah bagus-bagus, yang penting lope-lopean, trus kunci gitar yang gampang-gampang aja, jangan lupa dandanan yang oke, celana pensil, poni gorden, jaket item, kaos item. ga peduli aliran yang dibawain. latihan band ? ngapain ? kan kita udah rekaman, setel aja rekaman kita. lipsing ato minus one itu tergantung mood lahh.. 
dan janganlah takut kalo gabisa nyanyi, asal jago lipsing, terus upload di youtube kita udah bisa jadi duta kampus dan masuk insert dan sekarang udah mau di orbitin sama om-om melayu.

tenar amatlah mudah di dunia serat optik sekarang ini, tapi masalah kualitas ? tunggu paman-paman major label sadar kalo mereka sudah terjerumus ke dunia dijital dan segera melakukan pengakuan dosa kepada leluhur mereka, kaset.
ki kaset


tulisan ini ngawur ? namanya juga manusia. kalo ngantuk pasti ngiwer-ngiwer. tulisan ini sangat tidak penting sodaraku. malah saudara efan gak tau kalo gw nulis ni post. tapi daripada ga ada kerjaan mending nulis, haha. maaf telah membuang waktu anda beberapa menit kebelakang, semoga tak terjadi hal serupa. babay, kebetulan abis download lagu , ada yang mau ? (lupa barusan panjang-panjang nulis tentang apa)

doakan blog dulginsekargit akan segera dibuat, doakan yaa.. :)



No comments: