victims

Wednesday, August 11, 2010

memoramadhanial

hari ini adalah kedua kalinya dimana gw menjalankan puasa pertama di jogja. agak beda jauh sama taun kemaren. kalo taun kemaren, mungkin karena emang karena gw mahasiswa baru plus pendatang pula. dari kapan tau udah ngerencanain buka bareng. malah bisa 2 minggu berturut-turut buka bareng mulu ampe miskin. setelah merenung dari melihat orang-orang berangkat teraweh tadi malem, kala gw sepedahan dari gelanggang UGM ke kos, akhirnya gw ingin melepas rindu ramadhan di masa muda gw yang gw habiskan di tangerang selatan.


gw akan awali dengan sahur. biasanya gw sama temen-temen gw udah janjian dari pulang teraweh kemarennya kalo kita bakal subuhan di mushola, nama musholanya el fairuz. 


selepas subuhan di mushola itu biasanya kita muter-muter komplek dulu sambil ngobrol-ngobrol. kadang ceng-cengan ampe melas. klo udah males muter-muter komplek, kita beranjak ke lapangan deket mushola itu. gw gatau siapa pencetusnya, yang pasti kalo udah ke lapangan, kita langsung gambreng atau nggak suit buat main galah asin/gobak sodor/go back to door. dari situ banyak kejadian bodoh yang buat kita aus gara-gara ketawa ga berenti-berenti. saking serunya kadang sampe ga sadar klo matahari udah tinggi. dan kita pulang untuk tidur.


malemnya pas teraweh,  ga maen selepetan sarung udah gabisa dihindari. memang udah ritual kayaknya. badan merah-merah udah biasa. 
dari tahun ketahun gw teraweh di mushola itu hal yang terjadi sama. biasanya teraweh pertama itu ruameee banget. sampe kadang mau tahiyat akhir mpet-mpetan banget.hal ini biasanya bertahan sampe semingguan. minggu berikutnya yaaa masih sempit tapi agak lega laah. masih bisa duduk ngangkang klo lagi kultum. 2 minggu berikutnya ? dapet 2 sof aja udah sukur deh. malah kadang 3 hari terakhir ga lebih dari 7 orang yang teraweh. kebanyakan orang emang udah pulang kampung klo tanggal-tanggal segitu.
pulangnya ? jangan lupa minta paraf sama imamnya buat agenda ramadhan. lumayan laah nambah-nambah nilai agama plus biar keliatan oke di mata guru agama kalo kita puasa gapernah bolong plus solat 5 waktu nya full.


yang paling oke adalah saat setelah solat ied. setelah acara di rumah masing-masing, dengan sarung masih ditenteng biasanya gw sama temen-temen komplek gw muterin komplek.tujuan normatifnya adalah : maaf-maafan sama yang punya rumah. tapi teknisnya adalah THR. kadang agak kurang ajar juga. sebelum kita menuju ke situ(THR) , puas-puasin dulu makan astor, ato ngga nastar. namanya juga anak muda. dalam masa perkembangan. 


sekarang gw umur gw udah hampir kepala dua. gamungkin lah gw lakuin itu lagi. sekarang cukup mengingatnya aja. semoga anak gw nanti lebih jago ngerayu tetangga buat THR daripada gw.amin


gw gatau sekarang masih kayak gitu apa ngga. semoga lebih oke dari masa-masa gw masih belum terkontaminasi.

No comments: