victims

Sunday, January 27, 2013

Kitab Etika Tukang Parkir

kitab ini baik adanya untuk sebagai panutan untuk tukang parkir dimanapun ia berada, Mal, Supermarket, Minimarket, Restoran Fastfood, Restoran Fadang, Apotek, hingga tempat lainnya yang sulit untuk disebut namanya. semoga dengan kitab ini, alur kinerja serta kualitas tukang parkir di seluruh Indonesia dapat meningkat, walaupun uang parkir tidak naik dan harga sembako semakin menjulang tinggi. Saya harapkan semua yang merasa tukang parkir ingin dan mau membaca pasal-pasal dibawah tanpa paksaan, kecuali sama-sama menikmati.


Pasal-Pasal 
Kitab Etika Tukang Parkir

HAL-HAL DI BAWAH INI WAJIB DIPERHATIKAN
LAYAKNYA PASANGAN ANDA.

1. EQUIPMENT
jelas hal ini harus dinomersatukan untuk mendukung kinerja yang lebih baik. terlebih lagi hal ini dapat menyelamatkan anda sebagai tukang parkir dan klien

- Topi

kita tidak pernah tahu se-ekstrim apakah cuaca. namun topi dapat membantu anda untuk menghalau sinar matahari atau silaunya cahaya matahari yang memantul dari mobil/kaca klien

-Kacamata


benda ini berguna disiang hari dan hampir sama manfaatnya dengan topi. selain itu kacamata juga dapat menjadi daya tarik anda sebagai tukang parkir gaul.

-Handuk

pekerjaan ini tentunya akan menghasilkan keringat yang deras, handuk penting untuk menjaga wajah anda tetap bersih dari keringat. selain itu handuk juga dapat menghindari anda dari polusi kendaraan bermotor karena dapat menutupi wilayah hidung dan mulut. mengapa tidak memakai masker ? masker dapat menutupi senyum anda.

-Rompi


rompi sangat penting untuk menandakan bahwa anda adalah tukang parkir. dari rompi sederhana ini muncul kepercayaan tinggi terhadap anda sebagai pekerja professional. rompi ini juga menyelamatkan anda ketika malam hari karena warnanya yang mencolok mudah dilihat saat gelap.

-Peluit

sebenarnya cukup dengan alat ini anda dapat langsung dikira dan menjadi tukang parkir. alat ini vital sebagai komunikasi anda dengan orang lain saat dalam kegiatan memarkir.

-Senter Parkir


ini alat komunikasi kedua setelah peluit. dengan sinarnya yang berbinar masyarakaat dapat membaca kode-kode parkir yang akan anda berikan. alat ini biasanya dapat digantikan dengan tangan kosong;

2. Salam - Senyum - Sapa
tiga rangkaian yang selalu ada di resepsionis manapun. memang kalian bukan resepsionis yang wangi dan memakai rok span. namun tiga kata di atas adalah pertanda kepercayaan. tukang parkir adalah pekerjaan dengan asas kepercayaan. dengan diawali tiga hal di atas saat menghadapi klien, maka setidaknya 93% anda sebagai tukang parkir tidak akan dikira orang jahat yang sering mencuri helm-helm dengan harga lebih dari 70.000. 
contoh penerapan pasal 2

3. SIAGA 
pasal kedua ini terdiri dari tiga kata yang menandakan bahwa anda adalah tukang parkir andalan masyarakat di kota anda . 
Siap - Antar - Jaga.

~Siap. 
tukang parkir harus selalu siap, anti lengah. dalam menghadapi klien yang datang dan pergi , badan, pikiran dan semangat harus OK ! jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. seperti salah ambil motor atau klien harus menunggu lama untuk parkir karena anda sedang bengong memikirkan hutang atau jemuran kutang. itu nanti, klien adalah aset !

~Antar. 
selalu antar kendaraan klien ketempat yang aman untuk parkir, dan ketika klien pegi juga antar ia ketempat yang ia maksud. selalu lindungi ia ketika putar balik atau sekedar masuk jalan utama. service hingga akhir dengan detail.

~Jaga. 
jaga semua kendaraan yang ada dalam wilayah anda. jaga dengan tubuh dan nyawa anda. jangan serahkan sekecil apapun bagian dari kendaraan tanggungan anda kepada pihak lain sebesar apapun imbalannya.

4. PELAJARI POSITIONING
positioning ini dapat dibagi menjadi dua bagian
pertama adalah kendaraan dan kedua ialah diri sendiri.

  • positioning kendaraan.

setiap tukang parkir haruslah memahami posisi ideal dalam memarkir.
ada 3 posisi memarkir yang sudah diresmikan dalam "konvensi parkir memarkir dunia" di luxemburg.

~Parkir paralel
Parkir sejajar dimana parkir diatur dalam sebuah baris, dengan bumper depan mobil menghadap salah satu bumper belakang yang berdekatan. Parkir dilakukan sejajar dengan tepi jalan, baik di sisi kiri jalan atau sisi kanan atau kedua sisi bila hal itu memungkinkan,. Parkir paralel adalah cara paling umum dilakasanakan untuk parkir mobil dipinggir jalan. Cara ini juga digunakan dipelataran parkir ataupun gedung parkir khususnya untuk mengisi ruang parkir yang parkir serong tidak memungkinkan.

~Parkir tegak lurus
Dengan cara ini mobil diparkir tegak lurus, berdampingan, menghadap tegak lurus ke lorong/gang, trotoar, atau dinding. Jenis mobil ini parkir lebih terukur daripada parkir paralel dan karena itu biasanya digunakan di tempat di pelataran parkir parkir atau gedung parkir. Sering kali, di tempat parkir mobil menggunakan parkir tegak lurus, dua baris tempat parkir dapat diatur berhadapan depan dengan depan, dengan atau tanpa gang di antara keduanya. Bisa juga parkir tegak lurus dilakukan dipinggir jalan sepanjang jalan dimana parkir ditempatkan cukup lebar untuk kendaraan keluar atau masuk ke ruang parkir.apa bener

~Parkir serong
Salah satu cara parkir yang banyak digunakan dipinggir jalan ataupun di pelataran maupun gedung parkir adalah parkir serong yang memudahkan kendaraan masuk ataupun keluar dari ruang parkir. Pada pelataran ataupun gedung parkir yang luas, diperlukan gang yang lebih sempit bila dibandingkan dengan parkir tegak lurus.


  • positioning diri sendiri.

positioning untuk anda sebagai tukang parkir haruslah diperhatikan. tidak ada ilmu pasti untuk menjelaskan ini, yang ada hanyalah kepastian jika anda tertabrak maka anda akan libur. posisi menentukan prestasi. jika posisi anda benar maka anda akan dapat menjaga kendaraan klien dengan baik hingga sukses kembali kejalan, jika anda kurang pengalaman mungkin akan terjadi hal yag tidak di inginkan, misalnya tertabrak atau tidak dibayar. tidak dibayar adalah mungkin jika anda tukang parkir yang lama di eropa. mereka cenderung menyetir di sisi kiri dan di indonesia dikanan.

demikian pasal-pasal dalam Kitab Etika Tukang Parkir. semoga dengan ini visi Tukang Parkir terakreditasi di tahun 2025 dapat terealisasikan.

wassalam


Post a Comment