victims

Monday, December 10, 2012

terang bulan - martabak

ini adalah klasifikasi makanan yang menurut orang lain adalah percuma, karena keduanya menurut mayoritas masyarakat Indonesia adalah sama aja. 

terang bulan dan martabak

dengan beberapa dasar ilmiah gw menganggap mereka berdua itu berbeda. banyak hal-hal detil yang membuat keduanya sama sekali bukan hal yang sama.


terang bulan

isi keju
terang bulan mini, sering terlihat di indomaret
isi kacang coklat

secara teoritik (yang gw buat) , terang bulan adalah makanan berasal dari tepung dengan cara masak dan bahan yang hampir sama dengan martabak, namun penyelesaiannya berbeda. martabak dimasak kering yang menjadikan makanan ini menyerupai roti isi atau sandwich. pinggirannya ada dua sisi seperti martabak ada yang crispy dan satunya lipatan yang tumpul. terang bulan permukaannya berwarna coklat dan doff serta keset.

martabak

martabak kacang coklat
martabak jika terlalu lama didiamkan akan mencair

martabak kejuk

perbedaan mendasar antara martabak dan terang bulan adalah cara menyelesaikan masakannya. adonan calon martabak diangkat sebelum mengering alias masih belum terlalu matang sehingga dalamnya masih basah dan panas. efeknya ? ketika ditaburi isi martabak akan meleleh dan bercampur dengan mentega serta susu. serat dari martabak sendiri sangat terlihat dan longgar karena diangkat sebelum matang. 
tekstur martabak lebih bercahaya karena diolesi mentega bagian luarnya secara sporadis. sehingga martabak menjadi basah penuh kenikmatan duniawi yang tiada akhir hingga kunyahan terakhir.


demikian segala hal yang mengenai kedua makanan populer ini. semoga menggerakan hati kalian untuk terus membeli martabak yang lebih enak daripada terang bulan
yang enak-enak itu memang berbahaya
tapi lebih berbahaya ketika tidak mencoba
wassalam


garis keras pecinta martabak 




No comments: