victims

Sunday, September 9, 2012

kami (alhamdulillah masih) patriot II

siapa yang gak seneng pas kemaren menang lawan malaysia di babak putaran final AFF 2011. aura positif dan optimis melayang-melayang mudah ditangkap dari surat kabar hingga twitter gak henti-henti mampus-mampusin malaysia. itu cuma satu kemenangan lho. mungkin suatu saat kita bisa melihat hubungan kemenangan tim sepakbola Indonesia dengan pergerakan IHSG atau yang agak mungkin pendapatan per-kapita orang indonesia ditahun dimana Indonesia dapet emas di seagames/juara AFF. keduanya memang berbeda, tapi kalo ditelaah lagi... nelson mandela diterima oleh orang-orang barat di afrika selatan itu karena dia nonton pertandingan rugby afsel vs new zealand. mungkin masih kurang bukti. 

perang dingin USA - USSR. 

kebencian USA terhadap USSR yang dipanas-panasin media juga membuat nasionalisme USA meningkat tajam. ya ga jauh beda kan sama Indonesia vs malaysia ?

USA yang udah lama gak bisa juara ice hockey, hampir belasan tahun, kalah sama USSR, akhirnya di tahun 1980 bisa ngalahin USSR plus dapet emas olimpiade. mungkin agak gak waras untuk dihubungin, tapi 10 tahun setelah emas olimpiade, USSR runtuh dan USA pun menjadi adidaya di dunia.

terlalu jauh ngomongin amerika dan uni soviet ?
paling ngga ada contoh yang real yang ga bisa ditepis oleh ahli agama apapun bahwa membangun negara kemungkinannya bisa dari banyak sisi dan olahraga ga bisa dikesampingkan dengan cuman "membangun karakter bangsa dengan olahraga" tapi "membangun negara dengan olahraga"

 timnas U-22 lawan malaysia diwaktu dekat ini bisa dijadiin  contoh. semoga menang dan lihat aura sekelilingmu.

salam olahraga !
Post a Comment