victims

Saturday, May 18, 2013

i'm sorry 2004

tadi siang di kantor gw habis baca koran kompas yang terbit hari ini, isinya tentang walikota Osaka yang dikecam oleh AS karena pendapatnya tentang jugun ianfu dimasa kependudukan AS di Jepang dahulu.

entah apapun yang di dalam pikiran si pak walikota itu pastinya ada unsur dendam walaupun sedikit kepada militer AS.

memaafkan memang sulit ternyata. namun jangan sedih jika anda orang Indonesia.

orang Indonesia adalah pemaaf ulung.
sebenarnya agak tipis antara memaafkan atau memang mudah melupakan.
pastinya banyak kesalahan yang dilakukan negara lain dan menyakitkan bagi negara kita ini, secara cepat dimaafkan dan bahkan kita berbalik mencintai negara tersebut.

salah satu negara yang dimaksud adalah Korea Selatan. kini peradaban negara ini bahkan terasa hingga di Indonesia. namun dahulu jutaan kepala membencinya.

Piala Dunia 2002 Korean - Japan.
ditahun yang sama, liga sepakbola Italy juga sedang berada pada puncak kepopuleran. sehingga pendukungnya hingga jutaan di Indonesia.

diperempat final, Italy kalah melawan Korea Selatan melalui goal Ahn Jung Hwan di perpanjangan waktu. golden goal. semua orang memiliki dendam tersendiri terhadap Korsel karena dituduh curang dengan wasit yang memihak. kebencian ini terus berlanjut menahun. dan terus berlanjut di event berikutnya, 
yaitu Asean Games.

Asean Games Busan 2002

masih ditahun yang sama, dan kini giliran atlet Indonesia yang jadi korban.

Taufik Hidayat di final tunggal putra membanting raketnya karena merasa dicurangi umpire. iya melakukan walkout dari pertandingan melawan atlet bulutangkis Korea Selatan yang gw ga tau namanya siapa. pada akhirnya Taufik Hidayat kalah.

selain itu dicabang sepeda pun kejadian yang lebih terlihat dengan mata telanjang pun terjadi. menuju garis finish pesepeda Indonesia udah didepan garis finish dan siap juara, tiba-tiba dibelakang ada pesepeda Korea Selatan menyalip dan mendorong pesepeda Indonesia dengan tangan kanannya. alhasil Indonesia hanya dapat mengantungi perak dan emas jatuh ke orang Korsel tersebut.

bayangin kalo twitter udah lahir ya udah tau kan ya yang akan terjadi ?

semuanya sudah putih dan bersih tanpa noda.
mungkin cuman gw yang masih inget.

Indonesia pemaaf yang ulung dan pelupa yang ulung.

mohon pamit gw mau nonton Running Man.

terima kasih Korea Selatan.
Post a Comment