victims

Tuesday, January 4, 2011

cita-citaku ingin jadi doktel



masalah klasik emang
tapi selalu terjadi dengan alasan
takut bokaplah
takut nyokaplah
titah dari eyang
ngikut temen
ngikut pacar
jasnya keren
atau memang cuman ngincer favoritnya aja

dan penyesalan selalu gamau duluan. dengan romantis dia mempersilahkan realita untuk selalu jalan duluan.

ya fenomena ini bernama salah jurusan

gak sedikit pemuda indonesia yang mengeluhkan keluhan "salah jurusan"

ironisnya dia menyadarinya setelah udah kuliah beberapa bulan dikampus tersebut. dan biaya yang dikeluarkanpun ya gak dikit lah ya.

kalo ngomngin ginian, kadang ada aja yang nyalahin sistem pendidikan negara kita yang blablabla.. sehingga minat pelajar di indonesia itu.. blablabla...

hal itu mungkin berpengaruh sih, tapi mau gimana lagi ?  . mau ngerubah juga buang-buang waktu, mending mikirin diri sendiri dulu. 

oke kembali ke salah jurusan.
inti dari permasalahan ini adalah, ehm, passion. klise kan ?
sebelum dilanjutkan, mari lihat video berikut..



nugie - lentera jiwa



ini realita
kuliah bagi sebagian orang (orang-orang seperti yang ada di video) hanyalah memenuhi tuntutan sosial yang beredar dimana anak laki-laki harus sarjana, lalu anak perempuan harus ga mau kalah sama dengan pria walau kadang tetep terlena kalo udah dapet suami dokter spesialis (no offense :p), dan tuntutan kolot lainnya yang memang sampe sekarang masih terus menjadi terror bagi kita mahasiswa,  oleh orang tua, sodara dan tetangga.

kalo cuman memenuhi formalitas, ngapain dong abis kuliah ?

hidup mainstream itu remeh

kenapa kita harus kuliah setelah lulus dari SMA ? kenapa kalo kuliah IPnya harus 3 koma sekian ? kenapa kita harus langsung pulang sehabis kuliah ? kenapa kita mentingin kuliah dikala ada acara lain yang padahal gak nambah nilai kita dikuliah ? kenapa harus harus kuliah 4 tahun aja ? kenapa abis kuliah kita kerja abis kerja kita nikah ? kenapa harus lulus kuliah ?

semua di atas memang agak nyeleneh.
tapi itu resiko baca blog gw. hahahaha.

yang mau gw sampein adalah, hilangkan istilah salah jurusan dari pikiran kita. kalo memang merasa begitu, jadikanlah kuliah-kuliah yang kita jalani adalah hanya formalitas biar dapet uang jajan, cari jodoh, paling ngga bisa cari temen. dan jadikan materi-materi dosen sebagai pengetahuan tambahan bagi kita. 

jadi, ya sekali lagi gw mau menekankan.

ini masa depanmu

jangan biarkan orang lain merusak, tapi selalu terima bila ada yang dikira membantu

yang kuliah adalah kita dan hasilnya yang menerima adalah kita juga jadikan diri kita sebagai investasi masa depan bagi orang tua. mereka yang membiayakan dan buatlah mereka tersenyum setelah melihat hasilnya layaknya petani melihat kerbaunya yang sedang makan rumput segar disawah (gapenting)

so, follow your passion :)








fyuh, maaf ya agak absurd, terganggu oleh game facebook yang sangat seru, hhehe


No comments: